Sabtu, 22 Desember 2012

KoleKsiKu

                                                                                                 SelaMaT DaTanG di Blog ChaRmilaH



 Hai...Shobat ! Apakah kamu pernah BT, Bad Mood, Galau, atau Gelisah ? Sebetulnya istilah itu sama saja sih, hanya beda penulisannya saja. Nah, ini saya punya kata-kata bijak yang saya rangkum dari berbagai sumber. Kamu tau gak ?! Kata-kata bijak ini saya tulis pada waktu saya sekolah SMU dulu lho ! Yaa...walaupun sudah lama mudah-mudahan isinya bisa menambah semangat  n' spirit bagi kita semua.  Selamat menikmati....!

KumPulaN Kata-Kata BijaK

1. Kunci utama keberhasilan seseorang adalah kecerdasan emosi.   

2. Pedang Yang Terhunus
Lukman Al Hakim berkata kepada anaknya: "Hati-hatilah terhadap keburukan kawanmu, karena ia bagaikan pedang yang terhunus. Indah dipandang, bahanya akibatnya. Jangan kau anggap remeh orang yang penampilannya jelek dan lusuh bajunya, karena sesungguhnya Allah SWT melihat hati dan membalas perbuatannya. 

3. Enam Keadaan Hati
Abu Bakar Al Warraq berkata: "Hati mengalami enam keadaan yaitu: hidup, mati, sehat, sakit, bangun, tidur. Hidupnya hati adalah petunjuk, matinya hati adalah sesat, sehatnya hati adalah bersih, sakitnya hati adalah rasa bosan, bangunnya adalah dzikir. Tidunya hati adalah lalai."  

 4. Barangsiapa mengenal dirinya, maka akan mengenal Tuhannya. Pendidikan diri dapat dilalui dengan keterbukaan diri dan berbicara dengan diri. Sungguh Allah selalu mengetahui diskusi diri kita. Kebenaran yang sejati ada di sisi Allah, sedangkan pada manusia ada kecenderungan baik dan buruk. 

5. Hayatilah pengalaman dalam hidup, sehingga menjadi guru kita. 

6. Inti ibadah adalah doa. Apa yang Anda inginkan dalam doa itulah visi, karena doa adalah sesuatu yang kita impikan. Amal tergantung kepada niatnya. Apa yang anda niatkan tentang amal, itulah visi. Apa yang menjadi kenyataan dan harapan Anda dari amal yang sedang Anda kerjakan, itulah visi amal Anda. 

7. Orang cerdas adalah orang yang dapat mengendalikan hawa nafsunya dan tidak berangan-angan akan pemberian Allah. Mereka dapat berpikir jauh kedepan, bahkan sesudah kematian.

8. Motivasi kita untuk melakukan kebaikan sangat dipengaruhi kekokohan spiritualitas kita. Emosi dan motivasi yang  tidak berakar pada nilai-nilai spiritual, laksana pohon tinggi yang rawan patah jika diterjang badai. 

 9. Perkuat motivasi spiritual Anda, yaitu bahwa setiap amal harus memiliki niat yang jelas. Jadikan niat dan motif Anda beramal hanya untuk mendapatkan ridha Allah SWT.

10. Hidup Anda akan berubah oleh diri Anda sendiri. Jadilah seseorang inisiator bagi perubahan diri. 

11. Hakikat Ilmu 
Ilmu itu adalah mengenal dan beramal. Pelajarilah segala ilmu yang Anda sukai, tetapi ingatlah bahwa Allah SWT tak akan memberikan manfaat dari ilmu tersebut. Sebelum anda mengamalkannya terlebih dahulu. (Muadz bin Jabal)

 12. Tindakan dan pikiran Anda sendirilah yang akan mengubah hidup Anda. Kebahagiaan seseorang tidak tergantung pada apa yang dikatakan orang lain kepada kita. Kita yang harus mengubahnya. 

13. Bukan harta yang sedikit yang menyebabkan kesusahan. Bukan harta yang banyak yang menyebabkan gembira. Pokok kegembiraan dan kesusahan adalah terletak pada jiwa resah atau tenang dan damai. 

14. Orang-orang akan mengingat apa yang Anda capai, bukan yang Anda janjikan untuk dicapai. 

15. Para pemenang berpikir tentang apa yang dapat dan akan mereka lakukan. Orang-orang gagal berpikir terus tentang apa yang tidak dapat dan yang seharusnya mereka lakukan. 

16. Kesuksesan Anda akan bergantung pada sikap Anda terhadap kehidupan. Rahasia kesuksesan adalah keteguhan kepada tujuan. Kesuksesan adalah soal bertahan lebih lama, ketika yang lain menyerah. Kesuksesan datang bila kesiapan bertemu dengan kesempatan. 

17. Berniatlah yang baik, engkau akan senantiasa tetap baik selama engkau berniat baik. 

18. Ada tiga hal yang tak pernah kita dapatkan kembali: kata yang telah diucapkan, waktu yang telah lewat, kesempatan yang diabaikan. Anda tidak dapat membeli hari kemarin. 

19. Jangan hidup pada masa lalu, tidak ada masa depan didalamnya. Jangan tunda sampai esok, apa yang dapat Anda lakukan hari ini.

20. Untuk mendapat hasil terbaik, gunakan semua otak yang Anda miliki dan semua otak yang dapat Anda pinjam. 

21. Pikiran adalah seperti parasut, hanya berfungsi sewaktu terbuka. 

22. Semua keterampilan untuk memecahkan suatu masalah tidak akan membantu jika Anda tidak memiliki kemauan. 

23. Imam Ali ra. pernah berkata: "Ilmu adalah harta dalam kotak perbendaharaan, kunci pembukanya adalah pertanyaan. 

24. Ibnu Abbas pernah ditanya salah seorang sahabatnya, "Bagaimana Anda dapat sedemikian pintar? "Jawan Ibnu Abbas: "Dengan akal dan gemar berpikir dan lidah yang gemar bertanya." Bertanyalah, sebab bertanya adalah tanda mengerti. 

25. Selalu gunakan kekuatan semangat dan kekuatan emosi Anda dengan baik untuk mampu menggunakan potensi intelektual.

26. Cara terbaik untuk berhenti mengkhawatirkan suatu masalah adalah memecahkan masalah itu. 

27. Mengajukan sebuah pertanyaan dapat mendatangkan perasaan malu sesaat, tetapi tidak bertanya dan tetap dungu akan malu seumur hidup.

28. Orang bijak berefleksi sebelum mereka berbicara. Orang bodoh berbicara dulu kemudian baru berefleksi pada apa yang telah mereka katakan. 

29. Adalah lebih murah belajar dari orang lain, daripada membuat kesalahan sendiri. 

30. Kegagalan bukanlah sewaktu Anda jatuh, itu terjadi hanya ketika Anda tidak bangkit kembali. Lebih gagal bila kita bersikap takut-takut ketimbang berani mengambil risiko. 

31. Kegagaln sering disebabkan oleh penentuan waktu yang tidak tepat. Dengan mencobanya lagi, bisa jadi itu merupakan waktu yang tepat. 

32. Setiap hari adalah lembaran yang bersih: Anda memulainya kembali. Manfaatkanlah itu sebaik-baiknya, sebab dia tidak akan kembali lagi hingga hari akhir nanti. 

33. Berkata seorang ahli hikmah: "Isrtirahat itu ada empat jenis. Istirahat jasmani dilakukan dengan sedikit makan. Istirahat jiwa dilakukan dengan sedikit dosa. Istriahat hati dilakukan dengan sedikit tingkat perhatian. Istirahat lisan, dilakukan dengan sedikit berbicara." 

 34. Siapa yang tidak berterimakasih atas sesuatu yang sedikit. Maka tidak akan berterimakasih atas sesuatu yang banyak. 

35. Imam Syafi'i berkata: "Kita cela zaman ini, padahal cela ada pada diri kita. Tak ada cela pada zaman kita selain dari diri kita. Kita hina zaman yang tak berdosa. 

36. Orang-orang yang mempermasalahkan keadaan sebagaimana adanya. Agar sukses, carilah keadaan yang Anda inginkan. Jika Anda tidak dapat menemukannya, buatlah keadaan itu. 

37. Integritas adalah kemampuan seseorang dalam menyatukan seluruh potensi spiritual, emosional, intelektual, dan fisik. Integritas adalah kesatuan antara apa yang diyakini dalam dirinya, apa yang dirasakan dalam jiwanya, apa yang dipikirkan, dan apa yang dikerjakan. 

38. Keteguhan berlaku bila semua lainnya gagal. Keteguhan dan kesukseskan berjalan bergandengan tangan. Tak satu pun di dunia ini dapat menggantikan kateguhan dan kebulatan tekad untuk mencapai tujuan.  

 39. Kehidupan merupakan kesempatan berlimpah ruah bagi mereka yang mancarinya. Rahasia kesuksesan adalah kesiapan menghadapi kesempatan Anda bila ia datang. Suatu kesempatan jarang mengetuk dua kali dipintu yang sama. 

40. Jika Anda menunggu suatu perubahan yang mujur, kesempatan menjadi sulit ditemukan. Kesempatan yang baik itu jarang, dan orang bijak tidak akan pernah membiarkannya pergi begitu saja. Kesempatan biasanya terselubung sebagai kerja keras, sehingga orang tidak mengenalinya.

41. Gunakan lima hal sebelum datangnya lima hal yang lain: Hidup sebelum mati, muda sebelum tua, kaya sebelum miskin, lapang sebelum sempit, sehat sebelum sakit. 

42. Berkata Ali bin Abi Thalib ra: "Kalaulah bukan karena lima sikap, niscaya manusia seluruhnya menjadi orang-orang shalih. Lima sikap itu adalah:
1. Merasa puas dengan kejahilan;
2. Ambisi yang besar terhadap dunia;
3. Kikir dengan keutamaan yang dimiliki;
4. Riya dalam beramal;
5. Ujub dengan pendapatnya. 

43. Lebih baik menyalakan satu lilin, daripada mengutuk kegelapan.

44. Nilai-nilai kita memberi kita bintang-bintang untuk memandu menempuh kehidupan.

45. Riset memperlihatkan, bahwa mereka yang memiliki sasaran tertulis cenderung berhasil dibanding yang lain.

46. Seseorang tidak menjadi baik karena argumen, tetapi karena contoh.

47. Salah satu terjarang yang dilakukan orang adalah melakukan yang sebaik-baiknya.

48. Bertekadlah menampilkan yang terbaik dari kemampuan Anda.

49. Jangan membuat-buat alasan, berbuatlah yang terbaik. Hal yang paling tidak menguntungkan untuk dibuat adalah alasan. 

50. Kritik seperti hujan, hendaknya cukup lembut untuk dapat menjaga pertumbuhan seseorang.

51. Tidak ada hal yang permanen kecuali perubahan. Perubahan adalah suatu proses yang berlanjut, bukan suatu peristiwa. 

52. Sukses membawa pertumbuhan, dan pertumbuhan berarti perubahan. 

53. Seseorang yang pesimis adalah orang yang membuat kesulitan-kesulitan dari kesempatan yang ada. 

54. Seorang yang optimis adalah orang yang membuat kesempatan-kesempatan dari kesulitan yang ada. 

55. Menjadi penting itu baik, tetapi lebih penting menjadi baik.

56. Tentukan syarat-syarat Anda sendiri dalam kehidupan Anda. Jika tidak melakukannya, Anda kelak harus menerima syarat-syarat dari orang lain.

57. Orang sukses bukan semata-mata karena pandai, namun karena mereka tekun, ulet dan bertanggung jawab.

58. Jangan bermain-main sewaktu bekerja, namun jadikan pekerjaan sebagai permainan. Anda akan menemukan kenikmatan bekerja. Cobalah !

59. Jangan Anda berpikir bahwa setiap orang berpikir seperti Anda, intruksi harus jelas dan tidak memberikan makna game atau sematic.

60. Belajar adalah tanggung jawab dunia akhirat, bangkitkan nilai-nilai spriritualnya dalam belajar. 

61. Apa yang ada dibelakang kita tiada artinya dibandingkan apa yang ada dalam diri dan didepan kita. 

62. Nasihat ini diberikan Ali bin Abi Thalib ra, saat menasihati putranya, setelah ditikam Abdurrahman bin Muljam:
1. Kekayaan yang paling berharga adalah akal;
2. Kefakiran yang paling besar adalah kebodohan;
3. Seseuatu yang paling keji adalah sifat ujub;
4. Kemuliaan yang paling tinggi adalah akhlak yang mulia;
5. Jangan bersahabat dengan orang bodoh, karena dia akan memanfaatkan dirimu demi bahayamu. 
6. Jangan engkau bersahabat dengan pendusta, karena ia akan mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat. 
7. Janganlah engkau bersahabat dengan orang yang bathil. 

63. Dan ikutilah yang paling baik dari apa yang diturunkan kepada mu dari Rabbmu. (Qs. Az-Zumar:55)

64. Jangan hanya membidik tatapi tidak pernah menarik pelatuk. Tarik busur, dan lepaskan anak panah yang tertahan itu. 

65. Semakin jernih karakter Anda, maka semakin tinggi sikap proaktif Anda, dan semakin besar pula sikap win-win. Semakin kuat pengaruh Anda pada orang lain. (Stephen R. Covey)

66. Percayalah pada orang lain, dan mereka akan tulus kepada Anda. Perlakukan mereka seperti orang besar dan mereka akan memperlihatkan dirinya sebagai orang besar.

67. Tidak ada orang sukses tanpa mengalami kegagalan dan perjuangan. Ciri orang gagal selalu berhenti pada saat ia mengalami hambatan dan kesulitan, orang sukses tidak berhenti pada saat ia belum berhasil.  

Ada yang menyatakan apabila kita sedang bad mood atau galau, sebaiknya ambilah air wudhu kemudian bersujud kepada Sang Khaliq, dan membaca quran . Insya Allah hati kita menjadi tenang.
Allahu'alam !




                                                                                                                                Regard


                                                                                                                              Charmilah






 







 

  







    

 

 












1 komentar:

  1. Tksh ats komen nya di blog www.cybermistick.com
    Salam kenal http://bangdadan.blogspot.com

    BalasHapus